Minggu, 15 November 2009

.: EDM (Ego Defense Mechanism) :.

EDM (Ego Defense Mechanism/Mekanisme Pertahanan Diri) yaitu, merupakan suatu strategi mendistorsi kenyataan yang digunakan oleh ego untuk membentengi diri dari kesadaran atas materi-materi atau hal-hal yang menimbulkan kecemasan. Atau dengan kata lain Ego Defense Mechanism merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh ego untuk mengatasi ancaman yang berupa kecemasan.

EDM merupakan reaksi alam bawah sadar yang tidak disadari oleh pelaku. Seperti gerak refleks, respon pertama yang secara spontan diberikan dalam menghadapi stimuli/stimulus.

Nah…saat kita menghadapi berbagai ancaman/stress kita lebih cenderung untuk melakukan mekanisme pertahanan diri atau Ego Defense Mechanism, namun hal ini sama sekali tidak pernah kita sadari karena EDM itu lebih bersifat alam bawah sadar.

Macam-macam Defense Mechanism:

  1. Proyeksi adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara pelampiasan keluar sentimen-sentimen dan dorongan-dorongan ke luar dirinya.
  2. Represi adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara menekan kembali keinginan-keinginannya.
  3. Reaksi Formasi adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara melakukan perbuatan yang sebaliknya atau berlawanan dengan kondisi saat sedang mengalami stress.
  4. Regresi adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara mundur pada tahap perkembangan yang sebelumnya.
  5. Transkulphasi adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara mengkambing hitamkan orang lain atau menyalahkan orang lain.
  6. Fiksasi adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara berdiam diri/stag, tidak mau menyelesaikan masalahnya.
  7. Rasionalisasi adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara memberikan alasan-alasan yang bersifat rasional.
  8. Denial adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara menyangkal semua perbuatannya.
  9. Displacement adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara mengalihkan perbuatan ke perbuatan yang negatif.
  10. Sublimasi adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara melakukan perbuatan yang bersifat positif atau perbuatan sosial.
  11. Identification adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara meniru perbuatan orang lain.
  12. Compentation adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara menyibukkan diri atau melakukan satu perbuatan/kegiatan.
  13. Over Compentation adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara melakukan banyak perbuatan/kegiatan.
  14. Fantasi adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara mengkhayal atau membayangkan tentang hal-hal yang belum bisa dicapai.
  15. Procastination adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara menunda-nunda pekerjaan.
  16. Acting-Out adalah perbuatan untuk mengurangi frustrasi/cemas dengan cara berperilaku yang berlebihan.

Nah…dari sekian banyak macam-macam Defense Mechanism, manakah yang sering kamu lakukan saat kamu mengalami stress/kecemasan…???

Dari sini kamu bisa mengetahui seperti apakah dirimu saat kamu mengalami kecemasan…!!!^^

Tidak ada komentar: